Cinta pada pandangan pertama
Semenjak logo 17
tahun Telkomsel mulai diluncurkan dan pertama kali saya (dibaca: pelanggan
Telkomsel) melihat logo ini di salah satu media cetak terbesar di daerahku maka saya sebagai seorang desainer yang paham
dengan filosofi warna sontak jatuh cinta pada logo ini layaknya seorang lelaki
yang bertemu wanita yang selama ini diimpikannya (wah…agak lebay ya? namanya
juga sedang jatuh cinta).
“I Luv U So Much! Inikah yang
disebut cinta pada pandangan pertama?” Tanyaku dalam hati saat itu.
Belakangan,
semenjak menaruh hati dengan logo itu.
Saya berusaha menggali berbagai referensi baik melalui buku maupun internet.
Tujuannya adalah untuk lebih mengenali dan lebih dekat dengan logo ini. Kan
seperti itulah cinta, tak kenal maka tak sayang. Dan itulah yang terjadi padaku, semakin
kukenali logo ini, maka benih-benih cinta semakin tumbuh di dalam hati. Hingga
lautan internet kuarungi dan berpuluh-puluh tumpukan buku kudaki dan kubaca.
Lalu dalam hati sontak bertanya, apanya yang membuatku jatuh cinta pada sosok
logo ini?pada bentuk tubuhnya kah?pada warna kulitnya kah? Ataukah pribadinya
kah?ataukah semuanya? Hingga berjam-jam di depan komputer dan puluhan buku akhirnya saya mengerti pada
keanekaragaman warnanyalah saya jatuh cinta.
Warna warni Indonesia pada logo 17 Tahun Telkomsel
Menurut saya (maklum saya tidak tahu siapa yang buat logo ini,jadinya berusaha menafsirkan sendiri) logo
17 Tahun Telkomsel adalah logo yang
sangat unik,ekspresif, dinamis dan penuh
warna. Maka tak salah jika tagline yang diusung Telkomsel diusianya yang 17 tahun
yaitu Beda, Muda dan Paling Indonesia. Antara
logo dan taglinenya inilah terdapat chemistry
cinta yang sangat intim dengan Indonesia.
Seperti yang
saya tulis sejak awal bahwa saya ternyata jatuh cinta karena warnanya. Pada kesan warna itulah chemistry cintaku berawal. Kenapa pada warnanya? Dari sebuah buku yang kujadikan referensi kutemukan sebuah penjelasan yang menarik
tentang warna. Bahwa warna yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari
mempunyai dampak psikologis yang kuat pada manusia. Karena warna itulah yang
pertama memberikan rangsangan pada mata kita sehingga kita melihat benda dengan
mata kita . Coba kita amati logo 17 tahun Telkomsel itu, setidaknya kita
menemukan 6 warna. Ada warna merah,oranye, pink, ungu, kuning, dan hijau.
Menurut buku Logo karya Suryanto Rustan, keenam warna itu adalah warna-warna
yang sangat besar pengaruh psikologisnya pada kesan pandangan manusia. Apaplagi
jika warna itu menyatu dalam keragaman.
Nah….keragaman
warna inilah yang mewakili warna Indonesia dalam logo 17 Tahun Telkomsel ini.
Karena menurut situs Sari Ayu, tren
warna Indonesia tahun 2012 adalah warna-warna yang berasal dari Timur
Indonesia. Seperti merah, kuning, oranye dan hijau (contohnya Makassar itu sangat lekat dengan warna merah).
Sedangkan menurut Mustika Ratu yang mengusung warna “AMUSPA BUKETAN”. Yang berasal dari bahasa
Jawa yaitu AMUSPA yang berarti Bunga yang dipuja dan BUKET yang berarti
rangkaian bunga. Ragam warna pada AMUSPA BUKETAN adalah Pink, Ungu, Hijau Tosca
dan Hitam yang jika diaplikasikan akan memberi kesan anggun merona, lembut
mempesona dan dinamis.
Sedang kalau
berdasarkan pengamatan saya selaku seorang desainer grafis yang sedang Fall In Love utamanya terkait
perkembangan logo maka logo serupa yang menggunakan warna sebanyak ini sebenarnya
sudah ada sebelumnya yaitu logo yang digunakan untuk kampanye penggunaan produk
Indonesia dan logo terkait branding Indonesia.
Tapi kok sekilas
logo 100% Indonesia di atas agak kaku ya?
Kalau di andaikan cewek maka pasti cewek ini pendiam, kaku dan tidak asyik dan
susah beradaptasi. Sangat berbeda dengan logo telkomsel yang sangat dinamis
cantik dan elegan plus montok. Kalau logo Wonderful Indonesia sendiri warnanya
agak buram dan terlalu rumit. Mau cewek atau cowok yang begini nggak? Pasti berfikir
dua kali kan?
Eh..maaf
sebelumnya bukan berari pendapatku
diatas bertujuan untuk mencela atau black
campaign dengan logo 100% Indonesia ataupun logo wonderful Indonesia, akan
tetatpi sekedar perbandingan saja untuk melihat kesamaan dalam penggunaan warna
saja. Kan saya juga asli orang Indonesia yang menghrgai produk Indonesia dan
bangga dengan keindahan Indonesia.
Wah…tambah jatuh cinta deh! (maaf
ya…semakin lebay).
Logo Paling Indonesia
Karena sudah
terlanjur jatuh cinta dengan logo ini maka wajar kalau saya mengatakan bahwa
Logo ini adalah logo paling Indonesia di hati ini. Keanekaragaman warnya itu
menghimpung keanekaragaman Indonesia. Beragam sukunya, beragam budayanya,
beragam adatnya dan……pokoknya beragam semuanya deh! (Sampai-sampai hati ini
kelepek-kelepek klo mau menyebut
semuanya).
Dah dulu ya…..lagi mau mengarungi
lautan cinta bersama warna-warni logo 17 tahun Telkomsel.





0 komentar:
Posting Komentar