Sabtu, 23 Juni 2012

Logo 17 Tahun Telkomsel, Logo Paling Indonesia

Cinta pada pandangan pertama
Semenjak logo 17 tahun Telkomsel mulai diluncurkan dan pertama kali saya (dibaca: pelanggan Telkomsel) melihat logo ini di salah satu  media cetak terbesar di daerahku  maka saya sebagai seorang desainer yang paham dengan filosofi warna sontak jatuh cinta pada logo ini layaknya seorang lelaki yang bertemu wanita yang selama ini diimpikannya (wah…agak lebay ya? namanya juga sedang jatuh cinta). 

“I Luv U So Much! Inikah yang disebut cinta pada pandangan pertama?” Tanyaku dalam hati saat itu.
Belakangan, semenjak  menaruh hati dengan logo itu. Saya berusaha menggali berbagai referensi baik melalui buku maupun internet. Tujuannya adalah untuk lebih mengenali dan lebih dekat dengan logo ini. Kan seperti itulah cinta, tak kenal maka tak sayang.  Dan itulah yang terjadi padaku, semakin kukenali logo ini, maka benih-benih cinta semakin tumbuh di dalam hati. Hingga lautan internet kuarungi dan berpuluh-puluh tumpukan buku kudaki dan kubaca. Lalu dalam hati sontak bertanya, apanya yang membuatku jatuh cinta pada sosok logo ini?pada bentuk tubuhnya kah?pada warna kulitnya kah? Ataukah pribadinya kah?ataukah semuanya? Hingga berjam-jam di depan komputer dan  puluhan buku akhirnya saya mengerti pada keanekaragaman warnanyalah saya jatuh cinta.
Warna warni Indonesia pada logo  17 Tahun Telkomsel
Menurut saya (maklum saya tidak tahu siapa yang buat logo ini,jadinya berusaha menafsirkan sendiri) logo 17 Tahun Telkomsel  adalah logo yang sangat unik,ekspresif, dinamis dan  penuh warna. Maka tak salah jika tagline yang diusung Telkomsel diusianya yang 17 tahun yaitu Beda, Muda dan Paling Indonesia.  Antara logo dan taglinenya inilah terdapat chemistry cinta yang sangat intim dengan Indonesia.
Seperti yang saya tulis sejak awal bahwa saya ternyata jatuh cinta karena warnanya. Pada kesan warna itulah chemistry cintaku berawal.  Kenapa pada warnanya? Dari sebuah buku  yang kujadikan referensi  kutemukan sebuah penjelasan yang menarik tentang warna. Bahwa warna yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari mempunyai dampak psikologis yang kuat pada manusia. Karena warna itulah yang pertama memberikan rangsangan pada mata kita sehingga kita melihat benda dengan mata kita . Coba kita amati logo 17 tahun Telkomsel itu, setidaknya kita menemukan 6 warna. Ada warna merah,oranye, pink, ungu, kuning, dan hijau. Menurut buku Logo karya Suryanto Rustan, keenam warna itu adalah warna-warna yang sangat besar pengaruh psikologisnya pada kesan pandangan manusia. Apaplagi jika warna itu menyatu dalam keragaman.
Nah….keragaman warna inilah yang mewakili warna Indonesia dalam logo 17 Tahun Telkomsel ini. Karena  menurut  situs Sari Ayu, tren warna Indonesia tahun 2012 adalah warna-warna yang berasal dari Timur Indonesia. Seperti merah, kuning, oranye dan hijau (contohnya  Makassar itu sangat lekat dengan warna merah). Sedangkan menurut Mustika Ratu yang mengusung warna  “AMUSPA BUKETAN”. Yang berasal dari bahasa Jawa  yaitu AMUSPA yang berarti Bunga yang dipuja dan BUKET yang berarti rangkaian bunga. Ragam warna pada AMUSPA BUKETAN adalah Pink, Ungu, Hijau Tosca dan Hitam yang jika diaplikasikan akan memberi kesan anggun merona, lembut mempesona dan dinamis.
Sedang kalau berdasarkan pengamatan saya selaku seorang desainer grafis yang sedang Fall In Love utamanya terkait perkembangan logo maka logo serupa yang menggunakan warna sebanyak ini sebenarnya sudah ada sebelumnya yaitu logo yang digunakan untuk kampanye penggunaan produk Indonesia dan logo terkait branding Indonesia.

Tapi kok sekilas logo 100% Indonesia  di atas agak kaku ya? Kalau di andaikan cewek maka pasti cewek ini pendiam, kaku dan tidak asyik dan susah beradaptasi. Sangat berbeda dengan logo telkomsel yang sangat dinamis cantik dan elegan plus montok. Kalau logo Wonderful Indonesia sendiri warnanya agak buram dan terlalu rumit. Mau cewek atau cowok yang begini nggak? Pasti berfikir dua kali kan?
Eh..maaf sebelumnya bukan berari  pendapatku diatas bertujuan untuk mencela atau black campaign dengan logo 100% Indonesia ataupun logo wonderful Indonesia, akan tetatpi sekedar perbandingan saja untuk melihat kesamaan dalam penggunaan warna saja. Kan saya juga asli orang Indonesia yang menghrgai produk Indonesia dan bangga dengan keindahan Indonesia.
Wah…tambah jatuh cinta deh! (maaf ya…semakin lebay).
Logo Paling Indonesia
Karena sudah terlanjur jatuh cinta dengan logo ini maka wajar kalau saya mengatakan bahwa Logo ini adalah logo paling Indonesia di hati ini. Keanekaragaman warnya itu menghimpung keanekaragaman Indonesia. Beragam sukunya, beragam budayanya, beragam adatnya dan……pokoknya beragam semuanya deh! (Sampai-sampai hati ini kelepek-kelepek  klo mau menyebut semuanya).
Dah dulu ya…..lagi mau mengarungi lautan cinta bersama warna-warni logo 17 tahun Telkomsel.

0 komentar:

Posting Komentar